Logo Bloomberg Technoz

Uni Eropa Mau Buat Koridor Laut untuk Kirim Bantuan ke Jalur Gaza

News
08 March 2024 19:20

Warga Palestina di Jalur Gaza. (Dok: Bloomberg)
Warga Palestina di Jalur Gaza. (Dok: Bloomberg)

Kevin Whitelaw dan Eleni Chrepa - Bloomberg News

Bloomberg, Uni Eropa, bersama Amerika Serikat dan Uni Emirat Arab, akan meluncurkan koridor laut untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada warga Palestina di Gaza di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang kondisi di sana.

Ursula von der Leyen, presiden Komisi Eropa, mengumumkan rencana tersebut pada Jumat (08/03/2024) selama kunjungan ke Siprus. Dia memperingatkan adanya "bencana kemanusiaan" di Gaza. Dia mengatakan operasi tersebut akan dimulai akhir pekan ini, dengan operasi percontohan yang dilakukan pada Jumat.

"Saya menyerukan kepada semua pihak yang berperan di sini untuk membantu koridor ini mewujudkan potensinya," kata von der Leyen dalam sebuah pernyataan. "Koridor laut dapat membuat perbedaan nyata terhadap penderitaan rakyat Palestina."

Uni Eropa semakin frustrasi karena aliran bantuan kemanusiaan diblokir. Akan tetapi, blok tersebut masih terbagi dalam pendekatannya terhadap Israel dan krisis yang terjadi. Para pemimpin Uni Eropa akan membahas krisis Timur Tengah ketika mereka mengadakan pertemuan puncak di Brussel akhir bulan ini. Akan tetapi tidak jelas apakah mereka dapat menyetujui pernyataan bersama yang menyerukan jeda kemanusiaan atau gencatan senjata.