Logo Bloomberg Technoz

Ramadan Sebentar Lagi, Apa Kabar Nasib Gencatan Senjata di Gaza?

Redaksi
08 March 2024 14:40

Warga Palestina memeriksa sisa rumah mereka yang hancur akibat serangan Israel di Maghazi, Gaza tengah, Senin (25/12/2023). (Ahmad Salem/Bloomberg)
Warga Palestina memeriksa sisa rumah mereka yang hancur akibat serangan Israel di Maghazi, Gaza tengah, Senin (25/12/2023). (Ahmad Salem/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Hamas mengatakan bahwa delegasinya telah meninggalkan Mesir. Namun, pembicaraan mengenai gencatan senjata di Jalur Gaza akan dilanjutkan minggu depan hingga kesepakatan dicapai dengan Israel, yang menurut kelompok Palestina tersebut telah "menggagalkan" upaya para mediator untuk menengahi kesepakatan sebelum bulan suci Ramadan.

"Delegasi Hamas meninggalkan Kairo pagi ini untuk berkonsultasi dengan pimpinan gerakan, dengan negosiasi dan usaha-usaha yang terus berlanjut untuk menghentikan agresi, mengembalikan mereka yang mengungsi dan membawa bantuan kepada rakyat kami," sebuah pernyataan Hamas mengatakan pada Kamis, dilansir Al Jazeera, Jumat (8/3/2024).

Pejabat senior Hamas, Sami Abu Zuhri, mengatakan bahwa Israel telah "menggagalkan" upaya-upaya untuk mencapai gencatan senjata yang dimediasi oleh Qatar dan Mesir dalam pembicaraan empat hari di ibu kota Mesir, Kairo.

Abu Zuhri mengatakan Israel menolak tuntutan Hamas untuk mengakhiri serangannya di daerah kantong tersebut, menarik mundur pasukannya, dan menjamin kebebasan masuknya bantuan dan kembalinya para pengungsi.

Tidak ada komentar segera dari Israel.