Logo Bloomberg Technoz

Belgia, yang memegang jabatan presiden bergilir Uni Eropa, melakukan penerbangan pertama minggu ini dalam operasi pendaratan udara yang dikoordinasikan oleh Yordania yang bertujuan untuk mengirimkan bantuan ke Gaza. Menteri Luar Negeri Hadja Lahbib mengatakan penderitaan warga sipil "tak tertahankan."

"Semua pihak yang peduli dengan situasi di Gaza harus menekan pemerintah Israel untuk memberikan akses kemanusiaan tanpa hambatan & tidak memblokir konvoi," kata Josep Borrell, kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, dalam sebuah postingan di X pada Kamis. "Pilihan lain tidak cukup: pendaratan udara bagus tapi tidak cukup, koridor laut diperlukan tapi butuh waktu. Dan waktu sangat penting."

Presiden Joe Biden mengatakan pada Kamis bahwa dia memerintahkan militer AS untuk menciptakan pelabuhan sementara di pantai Gaza, saat dia meminta Israel mengizinkan lebih banyak bantuan masuk ke wilayah tersebut.

Pejabat AS mengatakan pembangunan fasilitas itu bisa memakan waktu berminggu-minggu, yang nantinya memungkinkan kapal untuk mengirimkan makanan, air, obat-obatan, dan perlengkapan lainnya.

(bbn)

No more pages