Logo Bloomberg Technoz

Berkat Powell, Rupiah Cetak Penguatan Mingguan Tertinggi

Tim Riset Bloomberg Technoz
08 March 2024 16:05

Ilustrasi Rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rupiah sukses mengakhiri pekan ini dengan penguatan gemilang melaju ke zona Rp15.500-an jelang penutupan pasar, Jumat (8/3/2024). Rupiah membukukan penguatan mingguan, naik 0,7% dibandingkan level penutupan di pasar spot pekan sebelumnya. Besar penguatan itu menjadi yang tertinggi sejak awal Februari.

Nilai tukar rupiah parkir di kisaran Rp15.590/US$ pada pukul 14:43 WIB, membawa mata uang Indonesia ini mencetak mencatat penguatan sekitar 63 poin dari hari sebelumnya.

Penguatan rupiah tidak sendirian karena hari ini mayoritas mata uang Asia melesat melawan dolar AS yang tengah melemah pasca pernyataan Jerome Powell, Gubernur Federal Reserve, yang memberi optimisme pasar terkait penurunan bunga.

Won Korea Selatan memimpin penguatan hari ini dengan naik nilainya 0,84%, disusul oleh peso Filipina, rupiah dan dolar Taiwan yang masing-masing menguat 0,45%, 0,41% dan 0,39%. Sampai sore ini, hanya yuan offshore yang masih melemah tipis terhadap dolar AS sebesar 0,02%.

Penguatan rupiah juga berlangsung ketika harga saham di pasar domestik mencetak level tertinggi baru intraday, menyentuh 7.416 siang tadi. Sedangkan harga surat utang negara (SBN) hari ini di hampir semua tenor bergerak menguat.