Logo Bloomberg Technoz

OJK Rilis Panduan Net Zero Banking, BNI Siapkan Langkah Ini

Azura Yumna Ramadani Purnama
04 March 2024 20:40

Direktur Risk Management David Pirzada saat konfrensi pers Kuartal III 2023 BNI. (Tangkapan Layar)
Direktur Risk Management David Pirzada saat konfrensi pers Kuartal III 2023 BNI. (Tangkapan Layar)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) menyiapkan beberapa langkah untuk memitigasi risiko perubahan iklim dalam peta jalan Net Zero Emission (NZE), demi mencapai prinsip keuangan berkelanjutan.

Direktur Risk Management BNI David Pirzada mengatakan, salah satu indikator tercapainya NZE dalam sektor perbankan adalah dengan mengurangi porsi pembiayaan ke sektor non-ramah lingkungan seperti batu bara atau energi fosil.

Terkait penyaluran kredit ke sektor nikel, ia menjelaskan smelter nikel yang beroperasi saat ini sangat berkaitan dengan hilirisasi. Menurutnya, di masa mendatang smelter nikel tersebut masih dibutuhkan dan berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia, sehingga pembiayaan terhadap sektor ini tidak bisa langsung berhenti dengan tiba-tiba.

“Jadi pembiayaan itu kita ga bisa langsung stop begitu saja, kalo pun misalnya harus ada phase out itu juga masuk ke dalam roadmap ya kan,” ujarnya setelah menghadiri Peluncuran Panduan Climate Risk Management & Scenario Analysis (CRMS) OJK, di kawasan Jakarta, Senin (4/3/2024).

Lebih lanjut, ia menjelaskan beberapa hal yang terkandung dalam Panduan CRMS yang baru diluncurkan OJK sudah termasuk ke dalam framework yang dimiliki oleh BNI.