Logo Bloomberg Technoz

Bos OJK Ramal AS No Landing, Jerman dan Inggris Masih Kontraksi

Azura Yumna Ramadani Purnama
04 March 2024 18:15

Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar saat Konferensi Pers Hasil Rapat Berkala KSSK I Tahun 2024. (Youtube Kemenekeu)
Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar saat Konferensi Pers Hasil Rapat Berkala KSSK I Tahun 2024. (Youtube Kemenekeu)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai kinerja perekonomian global secara umum membaik dengan tekanan yang cukup stabil, meskipun perkembangan geopolitik ke depan masih perlu dicermati.

Hal ini, diungkapkan Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar dalam Konferensi Pers Rapat Dewan Komisioner Bulanan (RDKB) 28 Februari 2024.

“Menilai stabilitas sektor jasa keuangan nasional terjaga didukung permodalan yang kuat dengan likuiditas yang stabil dengan profil risiko yang terjaga di tengah kinerja perekonomian global yang secara umum membaik,” ujar Mahendra.

Dia menjelaskan beberapa perkembangan ekonomi global. Pertama, pada Amerika Serikat (AS), capaian inflasi saat ini masih cenderung tinggi dengan pertumbuhan ekonomi yang solid, sehingga mendorong meningkatnya perkiraan no landing atau tren pertumbuhan inflasi di atas ekspektasi.

Sedangkan di Eropa, ekonomi Jerman dan Inggris mengalami kontraksi dan mulai memasuki resesi dengan tingkat inflasi yang cenderung turun mendekati target bank sentral.