Logo Bloomberg Technoz

Pesan Khusus ke Startup dari Kasus Runtuhnya SVB

News
16 March 2023 12:58

Surat pemberitahuan di cabang Silicon Valley Bank (SVB) di San Francisco, California, AS, Senin (13/3/2023). (David Paul Morris/Bloomberg)
Surat pemberitahuan di cabang Silicon Valley Bank (SVB) di San Francisco, California, AS, Senin (13/3/2023). (David Paul Morris/Bloomberg)

Emily Chang - Bloomberg News

Bloomberg - Bill Gurley, praktisi venture capital yang sudah lama berkecimpung di investasi dunia teknologi, memiliki nasihat untuk para startup usai runtuhnya Silicon Valley Bank (SVB): Masa lalu adalah fantasi - anggaplah masa kini yang kacau sebagai new normal (normalitas baru).

Selama bertahun-tahun, modal mudah dikumpulkan, ide-ide dengan cepat berubah menjadi startup dan valuasi terus melonjak. Semua itu runtuh minggu lalu dengan ambruknya Silicon Valley Bank, dan dua bank lainnya menyusul.

Para pengamat dengan cepat menyalahkan para venture capital yang memberikan dana tunai kepada startup yang merugi dan kemudian menyarankan startup-startup yang sama untuk menarik dana mereka dari Silicon Valley Bank.

Dalam sebuah wawancara "The Circuit with Emily Chang," Bill Gurley mengatakan bahwa perusahaannya, Benchmark, tidak menyarankan startup binaannya untuk menarik simpanan mereka dari SVB. Dia menyebut venture capital yang melakukan itu tidak harus disalahkan atas kasus SVB.