Logo Bloomberg Technoz

China Siap Tingkatkan Dukungan bagi Negara-negara Berkembang

News
29 February 2024 15:50

President China Xi Jinping. (Dok: Bloomberg)
President China Xi Jinping. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Pemimpin China Xi Jinping mengindikasikan negaranya akan menjadi suara yang lebih besar bagi negara-negara berkembang di dunia, menggarisbawahi kampanyenya untuk menawarkan alternatif bagi kepemimpinan Amerika Serikat (AS).

"China selalu menganggap solidaritas dan kerja sama dengan negara-negara Afrika sebagai landasan penting kebijakan luar negeri kami," kata Xi kepada Presiden Sierra Leone Julius Maada Bio saat berkunjung ke Beijing, kantor berita resmi Xinhua melaporkan pada Rabu malam.

Presiden China mengatakan kedua negara harus meningkatkan koordinasi mereka di Dewan Keamanan PBB dan "bersama-sama menjaga kepentingan Afrika dan negara-negara berkembang." China adalah anggota tetap dewan, dan Sierra Leone memiliki kursi tidak tetap.

China di bawah kepemimpinan Xi telah meningkatkan upaya untuk menarik negara-negara berkembang yang disebut Global South, negara-negara yang mencakup Amerika Selatan, Afrika, dan Asia Tenggara. Ia juga telah meluncurkan Belt and Road Initiative sebagai alternatif terhadap tatanan dunia yang dipimpin oleh Amerika Serikat; mendorong perluasan blok BRICS; dan menampilkan negaranya sebagai pembawa perdamaian di tengah-tengah pertempuran di Ukraina dan Gaza.