Logo Bloomberg Technoz

Groundbreaking IKN Kelima: 4 Bank Bangun Kantor Cabang

Pramesti Regita Cindy
27 February 2024 15:11

Proyek Wijaya Karya (IKN) di Kalimantan Timur; Jalan Tol IKN KKT Kariangau - Sp. Tempadung. (Dok. WIKA)
Proyek Wijaya Karya (IKN) di Kalimantan Timur; Jalan Tol IKN KKT Kariangau - Sp. Tempadung. (Dok. WIKA)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Peletakan batu pertama atau groundbreaking ke-5 Ibu Kota Nusantara (IKN) akan berlangsung pada Kamis (29/2/2024) mendatang. Setidaknya empat bank nasional akan membangun kantor cabang di wilayah tersebut.

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN Agung Wicaksono menyebut sejumlah bank telah siap dibangun dalam kawasan perbankan di kawasan inti pusat pemerintahan bersama Smart City dan Telekomunikasi, dalam ground breaking ke-5 ini.

"Pusat layanan perbankan IKN dimulai dengan akan hadirnya 4 bank yang akan membangun di sana yaitu Bank Mandiri, BRI, BNI, dan juga Bank Kaltimtara sebagai tuan rumah dari Ibu Kota Nusantara," jelas Agung dalam media briefing yang dilaksanakan secara daring, Selasa (27/2/2024).

Pembangunan pusat pelayanan perbankan ini akan ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Otorita Ibu Kota Nusantara dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ke depan, Agung menyebut pemerintah juga akan membangun pusat financial center di luar kawasan perbankan di kawasan inti pusat pemerintahan yang diberi nama WP 2.