Logo Bloomberg Technoz

PNS ke IKN Dikurangi Jadi 6.000 Orang Agustus 2024, Ini Alasannya

Azura Yumna Ramadani Purnama
25 February 2024 11:30

Ilustrasi PNS DKI Jakarta, (Dok. Pemprov DKI Jakarta)
Ilustrasi PNS DKI Jakarta, (Dok. Pemprov DKI Jakarta)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan pindah ke Ibu Kota Nusantara hanya sebanyak 6.000 orang dari yang direncanakan 17.000 orang.

Anas menjelaskan, pengurangan jumlah ASN yang pindah ke IKN disebabkan oleh belum siapnya tempat yang berada di IKN. Oleh karena itu, untuk tahap pertama akan ada 6.000 ASN yang pindah ke IKN.

“IKN ini semula yang akan pindah di tahun ini totalnya 17 ribu orang, tapi setelah kita lihat tempat dan lain sebagainya ternyata tidak siap untuk 17.000 orang. Yang siap kurang lebih, 6 ribu-an orang dilihat dari kesiapan tempat lokasi yang ada di IKN,” ujar Anas melalui teleconference pada acara rapat Kerja Kemendag 2024 yang disiarkan secara virtual, dikutip Minggu (25/2/2024).

Selain pengurangan jumlah ASN yang akan pindah ke IKN, waktu perpindahan ASN ke IKN dikabarkan Anas akan mundur. Dari yang semula direncanakan Juli 2024, menjadi Agustus 2024.

Anas mengungkap, alasan pemunduran tersebut disebabkan sebagian lokasi yang berada di IKN akan digunakan untuk upacara HUT Kemerdekaan RI. Sehingga, para pemindahan ASN masih harus menunggu acara tersebut.