Logo Bloomberg Technoz

Menteri PAN-RB Bocorkan Kriteria 12.000 PNS yang Pindah ke IKN

Lavinda
21 February 2024 13:30

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana Sirait)
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana Sirait)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah memasikan akan memindahkan 12.000 Aparatur Sipil Negara (ASN) atua Pegawai Negeri Sipil (PNS) ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyebutkan sejumlah kriteria PNS dari kementerian dan lembaga ke IKN. 

Seperti dikutip dari lama Sekretariat Kabinet, Anas mengatakan pemindahan PNS tersebut dilakukan secara bertahap yang akan dimulai pada Juli hingga Desember. Jabatan PNS yang akan pindah ke IKN mulai dari pimpinan tinggi (JPT) madya, JPT pratama, jabatan administrator, jabatan fungsional, dan pelaksana dari 38 kementerian/lembaga (K/L) secara bertahap akan dipindahkan ke IKN.

Anas menyampaikan, terdapat beberapa tahapan dalam menentukan PNS yang akan dipindahkan ke IKN. Pertama, Kementerian PANRB telah melakukan analisis untuk menapis K/L dan unit kerja yang prioritas untuk pemindahan tahap pertama.

“Hal tersebut untuk memastikan penyelenggaraan pemerintahan tetap dapat berjalan efektif pada masa awal pemindahan, tentunya didukung dengan digitalisasi sistem pemerintahan,” kata Anas, seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Rabu (21/2/2024).

Kedua, masing-masing kementerian lembaga memilah secara mandiri jabatan dan ASN yang akan dipindahkan dengan berbasis pola penapisan dari Kementerian PANRB. Menteri PANRB menekankan, sejumlah hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan pegawai ASN yaitu menguasai literasi digital, memiliki kemampuan multitasking, serta mampu menerapkan nilai-nilai BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif).

Artikel Terkait