Logo Bloomberg Technoz

10 Negara Ini Terancam Hilang Karena Perubahan Iklim, Ada RI?

Redaksi
26 February 2024 18:20

Pemakaman yang tenggelam terlihat saat air surut di Kampung Apung, Kapuk Teko, Jakarta, Kamis (2/11/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Pemakaman yang tenggelam terlihat saat air surut di Kampung Apung, Kapuk Teko, Jakarta, Kamis (2/11/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Perubahan iklim adalah tantangan besar yang dihadapi manusia saat ini, dengan dampaknya yang merambah ke berbagai aspek kehidupan.

Mulai dari alam hingga kehidupan sosial, ekonomi, dan politik, perubahan iklim telah menjadi sorotan utama di seluruh dunia.

10 Negara Terancam Hilang Akibat Perubahan Iklim

Di tengah keprihatinan ini, ada beberapa negara yang secara khusus rentan terhadap dampak perubahan iklim dan bahkan menghadapi ancaman lenyap dari peta dunia dalam beberapa dekade mendatang.

Berikut adalah gambaran tentang 10 negara yang paling terdampak:

1. Maladewa: Menghadapi Ancaman Tenggelam

Maladewa, dengan keindahan pantai dan terumbu karangnya yang memukau, terancam oleh kenaikan permukaan laut yang menjadi hasil langsung dari pemanasan global. Prediksi menunjukkan bahwa jika tren ini terus berlanjut, sebagian besar wilayah Maladewa akan tenggelam.

2. Kiribati: Menghadapi Kekeringan dan Ancaman Kehidupan

Kiribati, negara kepulauan lainnya, mengalami ancaman serupa dengan Maladewa. Namun, selain kenaikan permukaan laut, Kiribati juga menghadapi masalah kekurangan air bersih dan penurunan hasil pertanian.

3. Tuvalu: Berjuang Melawan Erosi dan Banjir