Logo Bloomberg Technoz

Ambisi China Hadirkan Mobil Listrik untuk Nyalakan Rumah-rumah

Muhammad Fikri
22 January 2024 10:10

Pengisian daya listrik di tempat parkir mobil khusus EV. (Dok: Bloomberg)
Pengisian daya listrik di tempat parkir mobil khusus EV. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - China berencana mengembangkan teknologi baterai pada mobil listrik yang mereka produksi dapat memasok jaringan listrik rumah-rumah. Mobil listrik nantinya akan jadi armada untuk mendukung pengisian daya, alih-alih mencolok kabel dan mendapatkan aliran listrik.

Dalam laporan CCTV China, pada pekan pertama tahun baru beberapa pemilik mobil di wilayah Wuxi telah berekperimen untuk memperbaiki jaringan listrik dengan memanfaatkan kendaraan listrik miliki mereka.

50 mobil listrik bergabung dan memasok sekitar 2 megawatt (MW) ke dalam jaringan. Diklaim cara ini dapat memenuhi kebutuhan listrik 133 rumah selama satu hari.

China berencana untuk lebih jauh lagi menggunakan teknologi kendaraan-ke-jaringan listrik. Badan perencanaan bidang ekonomi utama pemerintah, Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional, (National Development and Reform Commission/NDRC) mengatakan bahwa pihaknya akan memilih 50 proyek di tempat-tempat seperti Shanghai, Beijing, Guangdong dan Sichuan untuk melakukan demonstrasi.

Uji coba teknologi ini dilakukan  pada tahun 2025. Pada tahun 2030, Komisi ini menginginkan teknologi dan mekanisme pasar yang memungkinkan adopsi secara luas dan terstandarisasi di seluruh negeri untuk penggunaan mobil listrik sebagai alat pengisi daya sebuah jaringan listrik perumahan.