Logo Bloomberg Technoz

Warga Indonesia Juara Satu Kecanduan HP di Dunia, Ini Buktinya

Redaksi
15 January 2024 11:20

Ilustrasi aktivitas di ponsel HP yang terus menerus. (Fotografer: Forbes Conrad/Bloomberg)
Ilustrasi aktivitas di ponsel HP yang terus menerus. (Fotografer: Forbes Conrad/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Orang Indonesia jadi juara dalam aktivitas penggunaan smartphone atau HP ponsel dengan waktu berada di depan layar mencapai 6,05 jam, hasil survei Data.ai.

Artinya sepertiga waktu dalam satu hari warga Indonesia dihabiskan di balik layar smartphone usai bangun tidur. Survei  mengambil sampel dari para pengguna smartphone Android.

Secara spesifik Indonesia juara dari lima negara yang warganya juga paling banyak beraktivitas dengan smartphone mereka, namun hanya negara ini yang menembus durasi 6 jam.

Daftar lima negara yang warganya paling banyak menghabiskan waktu dengan HP:

  1. Indonesia: 6,05 jam

  2. Thailand: 5,64 jam

  3. Argentina: 5,33 jam

  4. Arab Saudi: 5,28 jam

  5. Brazil 5,02 jam

Sementara Rata-rata di antara 10 negara teratas tercatat menggunakan aplikasi selama 5 jam dan pengeluaran via aplikasi meningkat 3% pada 2023.

Pengguna HP juga melakukan aktivitas belanja dalam bentuk aplikasi bukan game seperti streaming, aplikasi  user-generated content dan kencan. Data pengeluaran masyarakat yang melek digital sepanjang tahun lalu mencapai US$64 miliar (sekitar Rp992 triliun), naik dibandingkan periode 2022 US$57,5 miliar (sekitar Rp891 triliun).