Logo Bloomberg Technoz

Investor Asing Jual Surat Utang Rp5,87 T, Lebih Suka Borong Saham

Ruisa Khoiriyah
25 February 2024 09:00

Ilustrasi Dolar AS (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Dolar AS (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Investor asing masih terus melepas kepemilikan di pasar Surat Berharga Negara (SBN) seiring tekanan ketidakpastian yang masih belum mereda dari panggung politik Tanah Air, di tengah perkembangan ekonomi global yang menguatkan skenario bunga higher for longer.

Investor asing kembali mencatat posisi jual bersih (net sell) di pasar SBN sebesar Rp190 miliar pada periode transaksi 19-22 Februari 2024, menggenapkan posisi net sell sepanjang tahun ini menembus angka Rp5,87 triliun sampai data 22 Februari menurut laporan Bank Indonesia.

Pada saat yang sama, investor asing juga melepas kepemilikan di Sertifikat Rupiah Bank Indonesia (SRBI) sebesar Rp880 miliar. Sementara untuk saham, investor masih berlanjut melakukan aksi borong dengan mencatat posisi beli Rp2,08 triliun saham.

Kepemilikan asing di SBN kini berkurang menjadi sebesar Rp836,18 triliun, turun Rp4,06 triliun dibandingkan posisi pekan lalu. Kepemilikan asing di SBN bahkan sempat menyentuh Rp835,77 triliun, terendah sejak awal Desember lalu atau dalam tiga bulan terakhir.

Asing banyak melepas SBN di awal tahun dan pada saat yang sama memborong saham dan SRBI. Berdasarkan laporan yang sama, pemodal asing mencatat pembelian neto Rp23,26 triliun saham dan Rp25,3 triliun SRBI, sejak awal tahun hingga 22 Februari.