Logo Bloomberg Technoz

Pertamina Hulu Mahakam Mulai Garap Proyek OPLL Rp4,68 T

Sultan Ibnu Affan
22 February 2024 17:50

Dok. Pertamina
Dok. Pertamina

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM), anak usaha PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) Regional Kalimantan, telah menerima persetujuan kepastian invesrasi akhir atau final investment decision (FID) dari PT Pertamina Hulu Energi (PHE) selaku Subholding Upstream PT Pertamina (Persero).

FID itu mengamanatkan PHM untuk melanjutkan pelaksanaan proyek Optimasi Pengembangan Lapangan-Lapangan/OPLL-3B Offshore senilai lebih dari US$300 juta atau sekitar Rp4,68 triliun di Wilayah Kerja (WK) Mahakam, Kalimantan Timur.

Adapun lingkup kegiatan proyek OPLL-3B Offshore itu berupa pengeboran dan penyambungan 32 sumur pengembangan baru dari sumur eksisting (infill) serta kegiatan perforasi dan pengendalian kepasiran (workover) yang akan dibutuhkan pada sumur-sumur di lapangan lepas pantai Peciko, South Mahakam, dan Sisi Nubi di WK Mahakam.

Sebanyak 32 sumur yang diusulkan ini terdiri dari sumur baru dan sumur side track yang tersebar di ketiga lapangan itu. Kegiatan pengeboran direncanakan secara bertahap mulai 2024.

Direktur Utama PHI, John Anis, mengatakan hal itu sejalan dengan komitmen persroan untuk terus berinvestasi dalam pengeboran sumur-sumur eksplorasi dan eksploitasi dalam mendukung pencapaian target produksi migas nasional, kebijakan transisi energi perusahaan migas pelat merah itu.