Logo Bloomberg Technoz

RI Punya Pom Hidrogen Perdana, di Sini Lokasinya

Sultan Ibnu Affan
22 February 2024 15:50

Ilustrasi Hidrogen. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Hidrogen. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN (Persero) melalui subholding perusahaannya, PT PLN Indonesia Power, resmi mengoperasikan Stasiun Pengisian Hidrogen atau Hydrogen Refueling Station (HRS) pertama di Indonesia.

Direktur Jenderal Ketengalistrikan Jisman P Hutajulu mengatakan HRS tersebut berlokasi di Senayan, Jakarta. Beroperasinya pom hidrogen tersebut, kata Jisman, menunjukkan karya nyata dan bukti konkret energi hidrogen merupakan suatu keniscayaan bagi Indonesia.

"Hidrogen akan berperan secara strategis dalam era transisi global. Hidrogen merupakan satu-satunya pembawa energi nol karbon selain listrik, yang sedang dipertimbangkan serius untuk transportasi rendah karbon, dekarbonisasi di sektor industri, pembangkit, dan penyediaan panas," kata Jisman dalam siaran pers, Kamis (22/2/2024).

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan HRS tersebut juga sebagai tindak lanjut perseroan atas penyerapan energi hidrogen hijau atas pemanfaatan 21 pembangkit termal yang memproduksi hidrogen hijau atau Green Hydrogen Plant yang telah dioperasikan perseroan sejak November 2023.

"Kebutuhan hidrogen untuk pendinginan pembangkit hanya 75 ton. Artinya akan ada 128 ton green hydrogen per tahun yang dapat digunakan untuk sektor transportasi," ujar Darmawan.