Logo Bloomberg Technoz

Luhut: Standar BBM Euro 5 Bisa Tekan Subsidi Hingga Rp50 T

Sultan Ibnu Affan
22 February 2024 14:00

Tangkapan layar Luhut Binsar Pandjaitan. (Dok: Instagram/@luhut.pandjaitan)
Tangkapan layar Luhut Binsar Pandjaitan. (Dok: Instagram/@luhut.pandjaitan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan kembali membuka peluang untuk menaikkan standar bahan bakar Euro 4 (E4) ke Euro 5 (E5), sejalan dengan upaya pemerintah dalam menekan polusi udara, terkhusus di areal Jakarta.

"Kita sedang pikirkan sekarang, bagaimana kira lari ke fuel ini dari Euro 4 ini beralih ke Euro 5. Kenapa? itu sulfurnya supaya rendah, ujar Luhut dalam unggahan video melalui akun Instagram resminya, dikutip Kamis (22/2/2024).

Luhut mengatakan, melalui tim Kemenko Marves dan PT Pertamina (Persero), pihaknya saat ini tengah mengupayakan dan mengkaji peralihan dan menghadirkan bahan bakar minyak (BBM) yang dinilai lebih ramah lingkungan.

Dari hasil sementara, kata Luhut, upaya ini diklaim dapat memangkas anggaran subsidi mulai dari Rp20 triliun hingga Rp50 triliun.

"Itu akan mengurangi subsidi kita, mungkin bisa sampai Rp20 sapai Rp50 triliun lagi dari sana. Jadi pemerintah masih coba cari dan melihat ekuilibriumnya di mana. Itu saya kira akan mempercepat proses air quality di jakarta yang lebih bagus."

Bahan bakar minyak (BBM)./Bloomberg-David Paul Morris