Logo Bloomberg Technoz

Selain BTN-Muamalat, OJK Beri Sinyal Ada 3 Bank Syariah Merger

Azura Yumna Ramadani Purnama
20 February 2024 18:45

Suasana pelayanan kontak 157 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Jakarta, Rabu (20/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Suasana pelayanan kontak 157 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Jakarta, Rabu (20/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan akan ada 2 hingga 3 bank syariah yang akan melakukan konsolidasi dan menggabungkan usahanya (merger) dalam waktu tak terlalu lama.

“Pak Ketua sudah mention bahwa kita mengharapkan dalam waktu tidak terlalu lama ini harus ada 2-3 bank syariah yang paling tidak close mendekati BSI atau kalau memungkinkan melampaui BSI,” ujar Dian dalam konferensi pers Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan (PTIJK), Selasa (20/2/2024).

Seperti diketahui, pada beberapa waktu lalu, kabar merger bank syariah mulai berhembus. Salah satunya, penggabungan usaha antara BTN Syariah dan PT Bank Muamalat Indonesia yang dikabarkan akan rampung dalam waktu dekat.

Lebih lanjut, ia juga membeberkan bahwa nantinya bisa saja terdapat bank syariah lainnya yang akan melakukan merger. Namun, ia menegaskan rencana konsolidasi tersebut masih dalam tahapan pembicaraan awal.

“Ada beberapa, tapi terus terang ini masih dalam tahapan pembicaraan yang pendahuluan,” ucapnya setelah acara.