Logo Bloomberg Technoz

SVB Runtuh, Bank Ini Kebanjiran Deposito Hingga Rp 230 T

News
15 March 2023 11:52

Bank Of America (Sumber: Bloomberg)
Bank Of America (Sumber: Bloomberg)

Sridhar Natarajan dan Katherine Doherty - Bloomberg News - 

Bank of America Corp. (BofA) tercatat berhasil mengumpulkan deposito baru lebih dari US$ 15 miliar  ( Rp 230 triliun) dalam hitungan hari. Kebangkrutan tiga bank di Amerika Serikat (AS) telah memberikan keuntungan tersendiri bagi BofA, di saat publik kehilangan kepercayaan terhadap bank regional.

Arus masuk besar-besaran ini juga terjadi di bank-bank besar AS lainnya. Banyak deposan yang mencari perlindungan dari krisis perbankan ke sejumlah bank besar yang dipercaya memiliki risiko rendah. 

Penyitaan Silicon Valley Bank (SVB) pada Jumat lalu, yang menjadi kegagalan bank AS terbesar sejak krisis keuangan 2008 dipicu oleh para deposan yang melakukan penarikan dana besar-besaran sehingga menggemparkan seluruh sistem keuangan global.

Pemerintahan Biden segera bertindak cepat untuk mengambil sejumlah langkah luar biasa untuk memperkuat kepercayaan warga Amerika pada sistem perbankan AS. Dalam seminggu terakhir, bank yang berfokus pada crypto, Silvergate Capital Corp., memutuskan untuk menutup operasional, regulator AS juga menutup Signature Bank yang berbasis di New York pada hari Minggu (12/03/2023).