Logo Bloomberg Technoz

Ini adalah yang terbaru dari serangkaian pembatasan yang memengaruhi timah, satu-satunya dari enam logam utama di London Metal Exchange yang mengalami kenaikan tahun ini. Indonesia, yang bersaing dengan China sebagai penambang timah terbesar di dunia, telah melarang ekspor bijih timah sebagai bagian dari kampanye pemerintah untuk mengembangkan pengolahan di dalam negeri. Protes pertambangan di Peru tahun lalu juga membatasi ketersediaan.

Nasionalisme sumber daya dan kekhawatiran akan degradasi lingkungan semakin membebani aliran logam di seluruh dunia. Angkatan Darat Negara Bagian Wa menghentikan penambangan timah tahun lalu untuk melestarikan cadangan dan mengurangi polusi dan kecelakaan, sehingga para pengolah yang mengubah bijih menjadi konsentrat harus menghabiskan persediaan mereka.

Lalu ada upaya Beijing sendiri untuk menghentikan operasi penipuan siber di perbatasannya, yang telah mengancam untuk menunda dimulainya kembali penambangan di Myanmar.

Karena persediaan di negara tersebut menipis, ekspor ke China dapat mengalami penurunan yang lebih besar mulai bulan depan, kata analis Mysteel, Ding Wenqiang. Sementara pasokan global logam olahan tetap banyak, stok yang dipantau oleh LME mulai menurun pada Desember.

Timah LME telah naik lebih dari 3% tahun ini dan rezim tarif baru di Myanmar mendukung harga, Shanghai Metals Market mengatakan dalam sebuah catatan.

Bank-bank China memangkas suku bunga pinjaman acuan utama untuk hipotek dengan rekor tertinggi, meningkatkan dukungan untuk sektor properti yang terkepung.

Upaya AS untuk melonggarkan cengkeraman China pada logam utama untuk kendaraan listrik terhenti.

BHP Group mengatakan bahwa permintaan dari pelanggan utamanya, China, tetap sehat meskipun terjadi pelemahan di sektor perumahan.

Pengeluaran konsumen China selama liburan Tahun Baru Imlek lebih tidak merata daripada yang ditunjukkan oleh data.

China mencabut pembatasan impor daging sapi Spanyol, yang diterapkan pada tahun 2001, selama kunjungan Menteri Luar Negeri Wang Yi ke Spanyol. Kedua negara juga sepakat untuk memperluas kerja sama di bidang mobil listrik, energi hijau, dan sektor digital.

(bbn)

No more pages