Logo Bloomberg Technoz

Daftar Makanan Bergizi yang Penting untuk Usia Bayi-Dewasa

Dinda Decembria
16 February 2024 17:22

Ilustrasi Keluarga Sehat (Dok. Envato)
Ilustrasi Keluarga Sehat (Dok. Envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bagaimana menerapkan asupan dengan gizi terbaik berdasarkan usia, berikut penjelasan Tan Shot Yen seorang Ahli Gizi.

Dimulai dari usai bayi, penting untuk memenuhi gizi seperti ASI untuk usia 0—6 bulan. Kemudian saat mencapai 6 bulan MPASI dengan kualitas dan kuantitas takaran yang tepat.

Ia menerangkan bahwa pada usia 9—11 bulan, ASI dan MPASI mulai menjadi asupan yang dikombinasi. “ASI masih 50%, 50% lg MPASI,” kata dia dalam 'Kemencast #63 - Gizi Tepat Berdasarkan Usia' pada media sosial Kementerian Kesehatan, Jumat (16/2/2024).

Saat usia anak telah menginjak satu tahun, terjadi kecenderungan meningkatnya pola makan. Ini membuat porsi MPASI membesar menjadi 70%, dan dikombinasikan ASI 30%. “[Saat] dua tahun 100% gizinya berasal dari dia makan.”

Saat beranjak usia masuk sekolah dasar hingga remaja pemenuhan gizi bisa berfokus pada protein hewani ataupun buah dan sayur. Komposisi ketiga elemen makanan bergizi ini harus ada di setiap piring anak pada rentang usia tersebut.

Infografis Hipertensi bisa sebabkan stroke (Asfahan/Bloomberg Technoz)