Logo Bloomberg Technoz

IIMS 2024

Toyota Soal Keputusan Recall Sienta: Ini Strategi ‘Kiken Yochi’

Dovana Hasiana
16 February 2024 09:20

Toyota Sienta. (Akio Kon/Bloomberg)
Toyota Sienta. (Akio Kon/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam mengonfirmasi perusahaan mengumumkan penarikan kembali dari pasaran atau recall mobil Sienta karena ditemukan permasalahan yang berkaitan dengan keselamatan di Jepang.

Dalam kaitan itu, Toyota di Indonesia melakukan tindakan menduga bahaya (kiken yochi) dengan melakukan recall untuk memprogram bagian pintu Toyota Sienta.

“Sienta ada laporan di konsumen Jepang, bukan mobil baru, sudah lama. Seal-nya itu kendur kena air dan mengganggu mekanisme kerja pintu. Jadi setelah kita lihat, kita melakukan kiken yochi menduga munculnya hal serupa. Makanya kita melakukan recall berupa programming di bagian pintunya,” ujar Bob saat ditemui Bloomberg Technoz di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Kamis (15/2/2024).  

Toyota Sienta menjadi salah satu dari lima model Toyota yang mendapatkan recall. Adapun, pemilik Toyota Sienta tahun produksi Juni 2016—April 2020 diimbau untuk melakukan pengecekan dan perbaikan Front Garnish Pillar Clip yang berada di pilar depan (pilar A) di bengkel resmi Toyota terdekat.

Toyota. (Dok: Bloomberg)

Dalam kaitan itu, Toyota melihat adanya potensi kebocoran air pada pilar depan karena performa sealer yang kurang maksimal sehingga berisiko mengganggu kinerja sistem kelistrikan tertentu, seperti pada pintu geser listrik (sliding door electric) jika tidak segera ditingkatkan kekuatan sealer-nya.