Logo Bloomberg Technoz

Presiden Ghana Pecat Menkeu karena Masalah Utang

News
15 February 2024 15:10

Ken Ofori-Atta. Fotografer: Gem Atkinson/Bloomberg
Ken Ofori-Atta. Fotografer: Gem Atkinson/Bloomberg

Ekow Dontoh dan Colleen Goko - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Ghana Nana Akufo-Addo mengganti menteri keuangan karena berupaya mendapatkan kesepakatan dengan para kreditor komersial untuk merestrukturisasi utang. Pergantian ini dilakukan sebelum pemilihan umum yang akan berlansung Desember mendatang.

Mohammed Amin Adam, ditunjuk sebagai menteri keuangan yang menggantikan Ken Ofori-Atta dengan segera, kata presiden pada hari Rabu dalam sebuah pernyataan di ibukota Ghan, Accra. Selain menteri keuangan, 12 menteri lain dan 10 wakil menteri dibebastugaskan dalam perombakan tersebut, katanya.

Ofori-Atta telah menjadi menteri keuangan sejak 2017. Selama masa jabatannya, ia menghadapi kritik atas penanganannya terhadap krisis ekonomi, mata uang Ghana anjlok dan imbal hasil obligasi euro melonjak karena kekhawatiran tentang keberlanjutan utangnya, dan nyaris lolos dari mosi tidak percaya di parlemen pada Desember 2022. 

Dia kemudian berhasil memimpin negosiasi untuk mendapatkan dana talangan sebesar US$3 miliar dari Dana Moneter Internasional (IMF) serta kesepakatan dengan kreditor bilateral untuk merestrukturisasi pinjaman negara Afrika Barat tersebut.