Logo Bloomberg Technoz

Larang Teriak Curang, Jokowi Minta Lapor Pelanggaran Pemilu ke MK

Dovana Hasiana
15 February 2024 11:40

Presiden Jokowi makan siang bersama Capres 02, Prabowo Subianto di Warung Bakso, Magelang, Jawa Tengah. (Dok. Setpres)
Presiden Jokowi makan siang bersama Capres 02, Prabowo Subianto di Warung Bakso, Magelang, Jawa Tengah. (Dok. Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat dan para peserta tak hanya mengumbar kabar kecurangan pada Pemilu 2024. Menurut dia, pemerintah sudah menyiapkan sistem dan mekanisme untuk menguji seluruh kecurangan pada kontestasi politik tersebut.

"Semua sudah diatur. Jadi, janganlah teriak-teriak curang. Ada bukti langsung bawa ke Bawaslu. Ada bukti bawa ke MK," kata Jokowi saat menghadiri IIMS 2024, Kamis (15/2/2024).

Dia hakul yakin potensi kecurangan pada Pemilu 2024 sangat kecil. Menurut dia, sistem pengawasan telah dirancang hingga berlapis untuk memastikan pelaksanaan pemungutan suara hingga rekapitulasi berjalan dengan aman dan transparan.

Sebagai contoh, kata dia, setiap calon legislatif dan partai politik biasanya memiliki saksi yang mengawasi penghitungan suara di setiap TPS. Demikian pula, setiap pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.

Selain peserta pemilu, menurut Jokowi, setiap TPS juga diawasi petugas Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu). Demikian pula dengan aparat keamanan seperti anggota Polri dan TNI yang memastikan kelancaran pencoblosan pemilu.