Logo Bloomberg Technoz

Website KPU Tak Bisa Diakses di Hari Pencoblosan

Rosmayanti
14 February 2024 08:55

Petugas KPPS memeriksa kelengkapan logistik Pemilu 2024 di gudang logistik KPU Jakarta Pusat, Selasa (6/2/2024) (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Petugas KPPS memeriksa kelengkapan logistik Pemilu 2024 di gudang logistik KPU Jakarta Pusat, Selasa (6/2/2024) (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Situs web resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang beralamat https://www.kpu.go.id/ tidak dapat diakses hari ini, Rabu Pagi (14/2/2024). Padahal hari ini adalah pemungutan suara Pemilu 2024. Masyarakat memerlukan akses pada website tersebut untuk mendapatkan informasi mau pun layanan online tentang hak pemberian suara.

Pada saat diakses sekitar pukul 08.00 WIB, pengguna internet hanya bisa sampai pada halaman muka. Namun, situs tersebut tak bisa diakses karena tercantum informasi "sedang dalam pemeliharaan."

Berdasarkan pantauan Bloomberg Technoz, situs KPU ini sebenarnya sudah bisa kembali diakses sekitar pukul 08.30 WIB. Akan tetapi, pengguna internet tetap mengalami kesulitan untuk mengakses sejumlah layanan. Akses selama berada di laman tersebut pun sangat berat atau lemot

Akan tetapi, situs kembali hanya bisa diakses pada halaman muka dengan tulisan "sedang dalam pemeliharaan" sekitar pukul 08.50 WIB. Hingga berita ini ditulis, website penyelenggara pemilu tersebut juga belum bisa diakses secara normal. 

Berbagai informasi tentang pemilihan 2024 dapat ditemukan di situs web KPU. Ini termasuk instruksi tentang cara mengecek Daftar Pemilih Tetap (DPT) secara online, melihat daftar caleg yang berpartisipasi dalam pemilihan 2024, dan visi-misi lengkap ketiga pasangan pemilihan presiden dan cawapres 2024. Selain itu, situs web tersebut menyediakan berbagai informasi dan update terbaru tentang aturan pelaksanaan Pemilu 2024.