Logo Bloomberg Technoz

Menkeu AS Sebut Penolakan Trump ke NATO Ancam Ekonomi Global

News
14 February 2024 08:20

Menteri Keuangan AS Janet Yellen (Sumber: Bloomberg)
Menteri Keuangan AS Janet Yellen (Sumber: Bloomberg)

Christopher Condon - Bloomberg News

Bloomberg, Menteri Keuangan AS Janet Yellen menyebut pernyataan mantan Presiden Donald Trump yang menimbulkan keraguan atas komitmen negara itu pada mitranya di NATO bisa mengancam satu aliansi yang penting bagi stabilitas ekonomi global. 

"Aliansi kita sangat penting bagi pertahanan negara," ujar Yellen dalam wawancara dengan Bloomberg News. "Jadi, saya memandangnya tidak bertanggung jawab, pernyataan yang dikeluarkan oleh mantan presiden itu terkait aliansi kita."

Trump memang pengkritik negara-negara anggota NATO yang tidak memenuhi kesepakatan terkait jumlah minimum anggaran militer. 

Ketika berkampanye di South Carolina pada Sabtu (10/2/2024), Trump mengatakan bahwa ketika masih menjadi presiden, seorang pemimpin negara NATO menanyakan apakah AS akan membela sekutu NATO dari serangan Rusia jika tidak memenuhi kesepakatan belanja militer itu. Trum melanjutkan dengan menjawab dia akan memberi tahu Rusia "untuk bebas melakukan apa yang mereka mau" terhadap negara mana pun yang tidak mau memenuhi kewajiban.