Logo Bloomberg Technoz

Biden Dorong Jeda Perang 6 Minggu dalam Kesepakatan Israel-Hamas

News
13 February 2024 06:32

Presiden AS Joe Biden. (Dok: Bloomberg)
Presiden AS Joe Biden. (Dok: Bloomberg)

Skylar Woodhouse - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden AS Joe Biden mengatakan bahwa dia mendorong jeda enam minggu dalam pertempuran antara Israel dan Hamas untuk memungkinkan pembebasan sandera. Ia mengatakan bahwa kondisi tersebut dapat menjadi dasar bagi perdamaian yang lebih luas.

Jeda seperti itu "akan membawa periode ketenangan yang segera dan berkelanjutan ke Gaza selama setidaknya enam minggu, yang kemudian dapat kita gunakan untuk membangun sesuatu yang lebih tahan lama," kata Biden pada Senin setelah pertemuan dengan Raja Yordania Abdullah II di Gedung Putih.

Komentar Biden merupakan komentarnya yang paling rinci mengenai negosiasi yang sedang berlangsung antara Israel dan Hamas, yang difasilitasi oleh AS. "Elemen-elemen kunci dari kesepakatan-kesepakatan itu ada di atas meja," kata Biden, seraya menambahkan bahwa AS "akan melakukan segala sesuatu yang mungkin untuk mewujudkannya."

Biden dan Abdullah bertemu di tengah meningkatnya kekhawatiran akan kemungkinan serangan darat Israel di kota Rafah yang mengancam akan semakin memperuncing ketegangan serta krisis kemanusiaan di wilayah tersebut. Biden mengatakan bahwa ia dan Raja Abdullah telah membahas tentang Rafah dan bagaimana membawa lebih banyak bantuan ke Gaza.