Logo Bloomberg Technoz

Ada Pemilu, BI Prediksi Ekonomi RI Bakal Tumbuh 4,7%-5,5% di 2024

Houtmand P Saragih
03 February 2024 14:15

Bank Indonesia. (Rosa Panggabean/Bloomberg)
Bank Indonesia. (Rosa Panggabean/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Bandung - Bank Indonesia (BI) pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2024 berada pada kisaran 4,7%-5,5%. Asumsi pertumbuhan ekonomi yang ditetapkan oleh BI tersebut sudah memperhitungkan dampak pelaksanaan pemilihan umum.

Firman Mochtar, Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi  dan Moneter (DKEM) BI menjelaskan asumsi pertumbuhan ekonomi tersebut dengan memperhitungkan belanja pemerintah dan konsumsi masyarakat.

"Dengan berbagai skenario, pertumbuhan 2024 kita bikin raise 4,7%-5,5%," ujar Firman dalam FGD yang berlansung di Bandung, Sabtu (3/2/2024).


Dalam paparannya, Firman menyampaikan berdasarkan lapangan usaha, prospek industri pengolahan, perdagangan besar dan eceran, informasi dan komunikasi, transportasi dan perdagangan diperkirakan tumbuh baik.

Selain itu, secara spasial pertumbuhan pertumbuhan di seluruh wilayah Indonesia juga baik, khususnya di wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua. Pertumbuhan ekonomi di wilayah ini ditopang oleh hilirasasi mineral. Sementara di Jawa, BI menyebut, permintaan masih cukup kuat.