Logo Bloomberg Technoz

Arus Keluar Dana Kripto Global Tembus Rp8 T dalam Sepekan

News
30 January 2024 06:15

Ilustrasi koin digital kripto. (dok Bloomberg)
Ilustrasi koin digital kripto. (dok Bloomberg)

Elijah Nicholson-Messmer - Bloomberg News

Bloomberg, Dana kripto global mengalami arus keluar sekitar US$500 juta (sekitar Rp7,91 triliun) pekan lalu, terbesar sejak Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) menyetujui ETF Bitcoin spot pada 10 Januari, menurut laporan CoinShares.

Dana yang diperdagangkan di bursa Bitcoin (GBTC) milik Grayscale Investments, yang dikonversi dari perwalian setelah keputusan SEC, memimpin arus keluar dengan US$2,2 miliar pekan lalu. Hal ini menjadikan total arus keluar sejak konversi menjadi lebih dari US$5 miliar pada 26 Januari, menurut laporan tersebut.

Arus keluar mingguan aset kripto./dok. Bloomberg

Biaya pengelolaan dana sebesar 1,5% – yang tertinggi dari semua ETF Bitcoin spot di pasar – ikut menjadi penyebab arus keluar baru-baru ini. Faktor jangka pendek lainnya termasuk seperti penjualan FTX setidaknya US$600 juta saham GBTC dan pengambilan keuntungan dari investor yang memanfaatkan diskon dana tersebut dalam beberapa tahun terakhir, menurut Kaiko Research.

GBTC melihat arus keluar US$255 juta pada Jumat, yang menandai hari positif bersih pertama aliran dana untuk ETF Bitcoin yang berbasis di AS, termasuk GBTC, dalam sepekan, dengan arus masuk US$15 juta di 10 dana, menurut laporan dari JPMorgan Chase & Bersama.

Arus dana kripto./dok. Bloomberg