Logo Bloomberg Technoz

Daftar Institusi Pendidikan yang Bekerja Sama dengan Danacita

Redaksi
29 January 2024 18:40

Ilustrasi suasana sebuah kampus. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi suasana sebuah kampus. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Danacita, perusahaan fintech peer-to-peer lending atau pinjol tidak hanya memfasilitasi pembayaran kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB). Ada puluhan kampus yang telah bekerja sama dengan Danacita.

Pinjol buat membayar kuliah mirip seperti program student loan di banyak negara maju, namun khusus Indonesia berkembang menjadi bisnis pinjol untuk pembiayaan uang sekolah tingkat pendidikan tinggi.

Pada kasus Danacita, yang mencuat efek postingan akun media sosial X, sejatinya perusahaan telah bekerja sama dengan kurang dari 90 kampus, termasuk perguruan tinggi ternama seperti UIN Kalijaga, Universitas Paramadina, hingga Universitas Gadjah Mada.

Danacita, yang berdiri sejak tahun 2018, memang memiliki layanan jasa pembiayaan pendidikan untuk pelajar dan mahasiswa, selanjutnya berkembang hingga pinjol kursus pengembangan diri. Skema pelunasan dilakukan dengan cara mencicil, dengan hingga nilai yang telah disalurkan Rp375,99 miliar.

Skema yang tersedia, Danacita akan membayarkan langsung biaya pendidikan ke kampus atau institusi maksimal tiga hari kerja sejak pengajuan online mendapatkan persetujuan. Syarat yang diperlukan adalah kartu identitas KTP, bukti tagihan, dan rekening koran satu bulan terakhir.