Logo Bloomberg Technoz

Menpora Mundur, Menteri Ketua Federasi Olahraga Diminta Mencontoh

Ezra Sihite
10 March 2023 11:44

Menpora, Zainudin Amali saat keterangan pers di Kantor Presiden, Senin (20/2/2023). (Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)
Menpora, Zainudin Amali saat keterangan pers di Kantor Presiden, Senin (20/2/2023). (Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengundurkan diri. Amali sudah menyerahkan surat pengunduran diri kepada Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno pada Kamis (9/3/2023). Amali mundur setelah dirinya terpilih menjadi wakil ketua umum (waketum) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) II mendampingi Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Koordinator Save Our Soccer Akmal Marhali menilai, memang sudah sepatutnya Amali mundur. Apabila Amali tetap menjadi menpora dan rangkap jabatan menjadi waketum PSSI maka akan ada konflik kepentingan, ibarat menjadi regulator namun operator juga.

"Ini pembelajaran juga buat menteri-menteri lain yang masih memimpin (federasi) cabang olahraga," kata Akmal Marhali saat dihubungi lewat sambungan telepon oleh Bloomberg Technoz pada Jumat (10/3/2023).

Akmal menambahkan bahwa dalam UU Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara disebutkan bahwa menteri seharusnya tidak boleh rangkap jabatan memimpin lembaga atau organisasi yang masih mendapatkan anggaran dari daerah yakni APBD maupun dari negara yaitu APBN.

Dalam Pasal 23 diterakan: