Logo Bloomberg Technoz

Sepakbola Gajah Piala Asia 2024

Hidayat Setiaji
26 January 2024 12:00

Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 Qatar. (Dok. PSSI)
Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 Qatar. (Dok. PSSI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tim nasional (timnas) sepakbola Indonesia mencatat sejarah. Di gelaran Piala Asia 2024, Tim Garuda untuk kali pertama sepanjang sejarah lolos dari fase grup ke babak selanjutnya, fase gugur (knock-out phase).

Kepastian ini didapat 2 hari setelah Indonesia menyelesaikan pertandingan terakhir di Grup D. Tergabung bersama Jepang, Irak, dan Vietnam, Indonesia menempati peringkat 3 dengan koleksi 3 angka.

Indonesia bisa lolos karena 4 peringkat ketiga terbaik berhak mendampingi juara dan runner-up grup ke babak 16 besar. Empat tim peringkat ketiga terbaik yang lolos dari lubang jarum adalah Indonesia, Palestina, Suriah, dan Bahrain.

"Saya sangat senang. Walaupun satu kali menang dan dua kali kalah, tetapi di setiap pertandingan para pemain bekerja keras. Mungkin itu yang mendatangkan hasil saat ini. Tanpa bekerja keras pun mungkin Tuhan tidak akan memberikan ini (keberuntungan). Para pemain sudah bekerja keras di setiap pertandingan jadi Tuhan juga tahu setiap usaha kita jadi bisa meraih babak 16 besar. Hari ini sangat bahagia jadi terima kasih banyak," papar Shin Tae-yong, Pelatih Kepala Timnas Indonesia, seperti dikutip dari situs resmi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Di babak 16 besar, Indonesia akan melawan Australia. Lawan yang cukup berat mengingat Negeri Kanguru memiliki pemain-pemain yang berlaga di liga-liga Eropa seperti Mat Ryan (AZ Alkmaar/Belanda), Harry Souttar (Leicester City/Inggris), Jordan ‘Jordy’ Bos (Westerlo/Belgia), Jackson Irvine (St Pauli/Jerman), hingga Marco Tilio (Glasgow Celtic/Skotlandia).