Logo Bloomberg Technoz

Menakar Potensi Gerak Harga Bitcoin Minggu Ini

News
24 January 2024 15:35

Bitcoin. (Dok: Bloomberg)
Bitcoin. (Dok: Bloomberg)

Akshay Chinchalkar—Bloomberg News

Bloomberg, Sempat meninggalkan level US$39.000, aset digital Bitcoin berbalik arah dan bergerak naik  2,6% pada Rabu sebelum terpangkas sebagian. Bitcoin berada di level US$39.720 pagi hari pukul 6:05 waktu London atau jam 1 siang waktu Indonesia.

Meski demikian Bitcoin masih mencatatkan pelemahan hampir 20% dari level puncak intraday US$49.021 usai exchange-traded funds (ETF) Spot resmi diperdagangkan. Hype ETF Spot Bitcoin selanjutnya tetap menimbulkan ketidakpastian terhadap skala permintaan atas produk investasi baru tersebut.

Sejauh ini, arus dana yang diperdagangkan dengan underlying Bitcoin di bursa tradisional mencapai US$1 miliar (Rp15,5 triliun), bandingkan dengan nilai pasar seluruh aset digital sebesar US$778 miliar (Rp12.059 triliun), menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Sementara arus dana keluar hampir US$  miliar dari Grayscale Bitcoin Trust—yang diubah menjadi ETF dari format tertutup dan merupakan portofolio terbesar untuk token tersebut - telah mendinginkan sentimen.