Logo Bloomberg Technoz

Konsumsi Korea Selatan Meningkat, Tanda Pelemahan Ekonomi Mereda

News
24 January 2024 06:51

Pelanggan antre saat pembukaan Apple Store di Hanam, Korea Selatan, Sabtu (9/12/2023). (SeongJoon Cho/Bloomberg)
Pelanggan antre saat pembukaan Apple Store di Hanam, Korea Selatan, Sabtu (9/12/2023). (SeongJoon Cho/Bloomberg)

Sam Kim - Bloomberg News

Bloomberg, Konsumsi rumah tangga Korea Selatan menjadi optimistis untuk pertama kalinya dalam lima bulan terakhir, di tengah ekspektasi bahwa dampak dari tingginya biaya pinjaman dan kenaikan harga konsumen akan mereda tahun ini, sementara perekonomian memperoleh momentum dari peningkatan ekspor.

Indeks sentimen konsumen gabungan mencapai 101,6 pada bulan Januari, naik di atas ambang batas yang menentukan apakah pesimisme atau optimisme akan tetap ada, menurut data dari Bank of Korea (BOK) pada hari Rabu.

Prospek suku bunga turun 8 poin menjadi 99 dibandingkan bulan sebelumnya, penurunan terbesar di antara semua kategori yang dilacak dalam survei. Tingkat inflasi yang diperkirakan dalam jangka waktu satu tahun ke depan turun 200 basis poin menjadi 3%. BOK mengatakan peningkatan ekspor merupakan salah satu faktor yang meningkatkan kepercayaan konsumen.

Survei ini dilakukan antara tanggal 9 dan 16 Januari. Pada tanggal 11 Januari, bank sentral mempertahankan suku bunga acuannya sebesar 3,5%, dan seluruh anggota dewan memilih untuk tetap pada tingkat tersebut untuk sementara waktu.