Logo Bloomberg Technoz

Jepang Lolos dari Resesi, Bisa Jadi Berkah Bagi Indonesia

Hidayat Setiaji
09 March 2023 15:45

Bendara Jepang. (Dok Ting Shen/Bloomberg)
Bendara Jepang. (Dok Ting Shen/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ekonomi Jepang lolos dari resesi. Ke depan, ada harapan Jepang bisa terus bangkit meski bertahap.

Kabar ini bisa menjadi gambaran bahwa Jepang sedang mencoba pulih, meski bertahap. Jika ekonomi Jepang pulih, maka Indonesia akan merasakan dampak positif, khususnya bila permintaan impor dari Jepang naik

Kantor Kabinet Jepang melaporkan, pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV-2023 adalah 0,1% secara kuartalan yang disetahunkan (annualized). Pada kuartal sebelumnya, ekonomi Jepang mengalami kontraksi (pertumbuhan negatif). Pertumbuhan positif pada kuartal IV-2022 membuat Jepang tidak masuk ke ‘jurang’ resesi.

“Aktivitas dan pemulihan ekonomi belum cukup kuat. BoJ akan mempertahankan pelonggaran moneter untuk sementara waktu,” kata Saisuke Sakai, Ekonom Senior Mizuho Research & Technologies, kepada Bloomberg News.

Yuki Masujima, Ekonom Bloomberg Economics, memperkirakan ekonomi Jepang pada kuartal I-2023 akan kembali tumbuh positif. “Pengeluaran dari wisatawan domestik dan mancanegara akan mendukung perekonomian. Subsidi dari pemerintah juga bisa meredam laju inflasi dan meningkatkan konsumsi,” paparnya.

Sumber: Bloomberg