Logo Bloomberg Technoz

Upaya Berbuah, RI Resmi di Organisasi Anticuci Uang Dunia FATF

Pramesti Regita Cindy
17 January 2024 17:15

Menko Polhukam, Mahfud MD. (Tangkapan Layar Youtube Kemenko Polhukam)
Menko Polhukam, Mahfud MD. (Tangkapan Layar Youtube Kemenko Polhukam)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indonesia resmi bergabung dalam keanggotaan penuh Organisasi Antipencucian Uang Dunia atau Financial Action Task Force (FATF) per akhir tahun 2023. 

Hal tersebut diumumkan oleh Menko Polhukam Mahfud MD saat menyampaikan kinerja dan berakhirnya masa tugas Satgas Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) di kantor Kemenko Polhukam, Rabu (17/1/2024). 

"Alhamdulillah hari ini pada akhir tahun lalu Indonesia sudah masuk menjadi anggota penuh Financial Action Task Force, satu rezim dengan negara-negara anti pencucian uang yang itu sudah diperjuangkan selama 18 tahun," kata Mahfud. 

"Delapan belas (18) tahun kita perjuangkan untuk menjadi anggota FATF dan ini berhasil pada tahun 2023 karena kita terus memacu memburu tindak pidana pencucian uang dan meningkatkan kualitas kerja dan kinerja PPATK," sambungnya. 

Menurut situs resmi FATF, satuan tugas aksi keuangan ini adalah untuk pengawasan pencucian uang dan pendanaan teroris global, dan bertujuan untuk mencegah aktivitas ilegal dan dampak buruknya terhadap masyarakat.