Logo Bloomberg Technoz

Di Acara Kadin Ganjar Ungkap 21 Program Unggulan untuk Ekonomi RI

Mis Fransiska Dewi
13 January 2024 12:45

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat tiba untuk debat ketiga di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024). (Youtube KPU)
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat tiba untuk debat ketiga di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024). (Youtube KPU)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo memaparkan 21 program unggulannya tentang Program Ekonomi yang sejalan dengan Roadmap Indonesia Emas 2045. 

Diketahui, Ganjar yang berpasangan dengan Calon Wakil Presiden Mahfud MD menargetkan pertumbuhan ekonomi hingga 7% dan membuka 17.000 lapangan pekerjaan dalam kurun waktu 2024-2029.

Adapun program yang menjadi fokus yakni mencakup ketahanan pangan melalui modernisasi pertanian, pengembangan industri kesehatan di antaranya melalui peningkatan anggaran Research & Development, hilirisasi industri, meningkatkan kapasitas usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar bisa naik kelas, dan pembangunan yang berkelanjutan melalui upaya pengurangan emisi karbon dengan memanfaatkan energi ramah lingkungan.

Dalam dialog bersama Kadin, Ganjar mengungkapkan ada tiga hal yang harus dijalankan terkait Program Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Pertama, pelaku UMKM harus mengetahui terlebih dulu produk apa saja yang dikategorikan unggulan. Setelah product knowledge dikuasai, pemerintah akan melakukan assessment.