Logo Bloomberg Technoz

Ada 21 Komoditas akan Dihilirisasi Prabowo Lewat Pohon Industri

Redaksi
12 January 2024 16:30

Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto saat dialog bersama Kadin. (Dok. TKN Prabowo-Gibran)
Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto saat dialog bersama Kadin. (Dok. TKN Prabowo-Gibran)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Capres Prabowo Subianto mengatakan, hilirisasi merupakan hal mendasar yang harus dilakukan jika ingin menciptakan industri lokal yang mandiri termasuk farmasi. Hal ini juga yang harus dilakukan untuk memoncerkan pertumbuhan ekonomi.

"Kita harus mulai dari dasar dan itu kuncinya adalah hilirisasi. Kami sudah punya peta, rencana yang kita sebut pohon industri," kata Prabowo di acara "Dialog Capres bersama Kadin: Menuju Indonesia Emas 2045" yang digelar di Djakarta Theater, Jakarta, Jumat (12/1/2023).

Ia melanjutkan, dalam strategi yang dinamakan pohon pndustri itu memang telah dirancang bersama para pakar. Diketahui ada sebanyak 21 komoditas dapat dimanfaatkan untuk mendorong perekonomian mulai dari komoditas mineral, tanaman hingga sumber dari laut. Namun Prabowo tak menyebutkan lengkap hingga 21 komoditas yang dia maksudkan itu.

"Dari 21 komoditas mulai dari mineral sampai bahan-bahan tanaman, laut untuk membangun dasar dari semua. Jadi hilirisasi artinya semua sumber alam kita harus diolah di Indonesia," ujar dia, dikutip dari keterangan resmi TKN Prabowo-Gibran.

Prabowo mengungkapkan, untuk mewujudkan hal itu, akan butuh setidaknya US$545 miliar dalam melakukan hilirisasi 21 komoditas tersebut.