Logo Bloomberg Technoz

Pejabat The Fed Sebut Terlalu Dini Turunkan Suku Bunga pada Maret

News
12 January 2024 05:30

Gubernur Bank of Cleveland Loretta Mester. (Sumber: Bloomberg)
Gubernur Bank of Cleveland Loretta Mester. (Sumber: Bloomberg)

Catarina Saraiva - Bloomberg News

Bloomberg, Gubernur Federal Reserve Bank of Cleveland, Loretta Mester, mengatakan terlalu dini untuk mempertimbangkan pemangkasan suku bunga pada kebijakan moneter Bank Sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) di bulan Maret. Dia menekankan data inflasi terbaru yang menunjukkan para pembuat kebijakan masih harus melakukan banyak pekerjaan.

"Menurut perkiraan saya, Maret mungkin terlalu dini untuk penurunan suku bunga karena kita perlu melihat lebih banyak bukti," kata Mester, yang memiliki hak suara dalam keputusan suku bunga tahun ini, dalam wawancara dengan Michael McKee di Bloomberg TV pada Kamis lalu. "Saya pikir laporan inflasi Desember menunjukkan masih banyak yang harus dilakukan, dan pekerjaan itu membutuhkan kebijakan moneter yang ketat."

Mester menambahkan, ketika para pembuat kebijakan melihat lebih banyak bukti bahwa inflasi berada pada jalur yang berkelanjutan menuju 2%, "kita akan melakukan diskusi itu," dan juga mengutip ekspektasi inflasi sebagai faktor penting.

Data pemerintah yang dirilis pada Kamis menunjukkan inflasi meningkat sepanjang tahun hingga Desember 2023. Hal ini mencerminkan biaya perumahan yang lebih tinggi dan kenaikan harga mobil bekas yang tidak terduga.