Logo Bloomberg Technoz

JPMorgan: The Fed Mungkin Pangkas Suku Bunga Lebih dari Perkiraan

News
11 January 2024 11:30

The Federal Reserve (Sumber: Bloomberg)
The Federal Reserve (Sumber: Bloomberg)

Ruth Carson - Bloomberg News

Bloomberg, Menurut JPMorgan Asset Management, Bank Sentral AS atau Federal Reserve (the Fed)  mungkin akan memangkas suku bunga lebih dari yang disinyalir saat ini karena ekonomi AS melambat. Hal ini mendorong reli imbal hasil surat utang AS yang memiliki jangka waktu yang lebih pendek.

"Pasar memperkirakan bank sentral akan memangkas suku bunga 1,5% dan itu masuk akal," ungkap Seamus Mac Gorain, petinggi JPMorgan Asset Management di London yang mengelola dana US$2,9 triliun. "Dalam kondisi ekonomi buruk, pemangkasan bisa lebih besar dari itu."

Manajer aset ini menggelar strategi dengan membeli surat utang Treasury bertenor lima, tujuh, dan 10 tahun sementara mengurangi obligasi bertenor 30 tahun. Mereka memprediksi penurunan suku bunga The Fed akan menyebabkan kurva imbal hasil AS semakin curam.

Pergerakan imbal hasil surat utang pemerintah AS atau yang dikenal dengan sebutan Treasury. (Dok: Bloomberg)

Besaran penurunan Fed Fund Rate telah menjadi menjadi perbincangan hangat dalam beberapa bulan terakhir. Para pembuat kebijakan bank sentral dalam dot plot triwulanan mereka memperkirakan pemotongan 75 basis poin pada akhir tahun, menurut proyeksi median dari pembaruan 13 Desember. Para pelaku pasar jauh lebih hawkish, mereka memperkirakan pemangkasan hingga 160 basis poin (bps) pada akhir Desember sebelum kemudian turun ke 140 bps pada minggu ini.