Logo Bloomberg Technoz

Kosmetik dan Produk Perawatan Diri Naik 3,83% di 2023

Dinda Decembria
11 January 2024 19:40

Produk kecantikan dipajang di sebuah showroom di Hangzhou, China, Mei 2020 (Qilai Shen/Bloomberg)
Produk kecantikan dipajang di sebuah showroom di Hangzhou, China, Mei 2020 (Qilai Shen/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Data Kementerian Perindustrian telah mencatat bahwa kontribusi industri kosmetik terhadap PDB kuartal III tahun 2023 mencapai 3,83%.

Untuk itu Tokopedia mencatat kategori kecantikan/kosmetik dan perawatan tubuh sebagai salah satu kategori paling laris dibeli masyarakat lewat e-commerce tersebut. 

Beberapa produk kecantikan/kosmetik paling laris  di Tokopedia sepanjang 2023 "bedak wajah, produk styling rambut, lipstik, lip cream dan eyeliner. Sedangka beberapa produk perawatan diri yang laris manis di Tokopedia adalah cleanser wajah, serum wajah, krim wajah, parfum dan sunscreen wajah", Category Development Senior Lead Tokopedia, Stefanie Yull dalam siaran pers, Kamis (11/1/2024).

Tren tersebut membuktikan bahwa pascapandemi masyarakat makin memperhatian wajah dan kulit. Munculnya berbagai tren kecantikan yang digandrungi masyarakat lewat media sosial yakni tren clean girl, makeup, glass skin, latte make-up strawberry make-up dan lain-lain.

Pengunjung memenuhi pameran kosmetik Jakarta X Beauty 2023 di JCC. Kamis (14/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Selain mencatat produk kecantikan/kosmetik, Tokopedia juga mencatat kenaikan 2,5 kali lipat penjualan di berbagai daerah sepanjang 2023 di kategori kecantikan dan perawatan diri dibandingkan tahun 2022