Logo Bloomberg Technoz

DK PBB Sahkan Resolusi Tuntut Houthi Setop Serang Laut Merah

Delia Arnindita Larasati
11 January 2024 14:40

Houthi mendekati kapal Galaxy Leader di Laut Merah pada 20 November. (Sumber: Handout/Getty Images)
Houthi mendekati kapal Galaxy Leader di Laut Merah pada 20 November. (Sumber: Handout/Getty Images)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dewan Keamanan PBB (DK PBB) mengeluarkan resolusi yang menuntut kelompok Houthi dari Yaman mengakhiri serangan terhadap kapal-kapal di Laut Merah. Mereka juga meminta Houthi membebaskan kapal Galaxy Leader yang dioperasikan Jepang, yang ditahan oleh kelompok tersebut tahun lalu.

Sebelas anggota dewan pada Rabu memberikan suara. Dalam pernyataan yang dirilis melalui situs resmi DK PBB, mereka menyerukan Houthi untuk "segera menghentikan semua serangan yang menghambat perdagangan global dan hak kebebasan navigasi serta perdamaian regional."

Ketentuan utama resolusi tersebut mencatat hak negara-negara anggota PBB, sesuai dengan hukum internasional, "untuk mempertahankan kapal mereka dari serangan, termasuk serangan yang melanggar hak dan kebebasan navigasi."

Ketentuan ini merupakan dukungan implisit terhadap Operation Presperity Guardian, satuan tugas angkatan laut multinasional pimpinan AS, yang dibentuk pada Desember 2023 guna melindungi  pelayaran komersial dari serangan Houthi.

Titik serangan Houthi di Laut Merah./dok. Bloomberg

Empat anggota, Aljazair, China, Mozambik, dan Rusia, memilih untuk abstain. Tidak ada yang memberikan suara menentang. Sebagai anggota tetap DK PBB, China dan Rusia mempunyai hak veto, namun memilih untuk tidak menggunakannya.