Logo Bloomberg Technoz

Harta Prajogo Pangestu Susut Rp62 T, Sahamnya Berguguran

News
10 January 2024 18:20

Prajogo Pangestu. (Sumber: Bloomberg)
Prajogo Pangestu. (Sumber: Bloomberg)

Yoojung Lee dan Fathiya Dahrul - Bloomberg News

Bloomberg, Prajogo Pangestu, petinggi Barito Pacific Group, raksasa industri listrik dan pertambangan Indonesia, mengalami awal tahun yang buruk.

Menurut Bloomberg Billionaires Index, kekayaannya terjungkal US$4 miliar atau setara Rp62 triliun hanya dalam sehari pada Selasa lalu. Hal ini menambah total penurunan sejak puncaknya bulan lalu menjadi US$6,7 miliar atau setara Rp104 triliun.

Prajogo, yang tahun lalu dinobatkan sebagai orang terkaya di Asia dengan kekayaan US$25,3 miliar (Rp393 triliun), kini harus melepaskan gelar tersebut kepada Low Tuck Kwong dari perusahaan tambang batu bara PT Bayan Resources, yang memiliki kekayaan US$27,9 miliar (Rp434 triliun).

Kemerosotan drastis saham PT Barito Renewables Energy milik Prajogo pada Selasa sebesar 20%, yang merupakan rekor penurunan paling parah, terjadi setelah lonjakan lebih dari 850% sejak saham tersebut melantai di bursa pada Oktober hingga akhir Desember. Seorang analis mengatakan saham tersebut dinilai terlalu tinggi dan pelaku pasar sedang mengambil keuntungan. Perusahaan induk, PT Barito Pacific, turun 18% pada Selasa, sementara unit lainnya, PT Chandra Asri Pacific, anjlok 20%.