Logo Bloomberg Technoz

Siasat Pemerintah Inggris Cegah Kota-Kota Bangkrut

News
10 January 2024 11:40

Ilustrasi Mata Uang Euro (Sumber: Alessia Pierdomenico/Bloomberg)
Ilustrasi Mata Uang Euro (Sumber: Alessia Pierdomenico/Bloomberg)

Tom Rees - Bloomberg News

Bloomberg, Pemerintah Inggris menekan dewan-dewan kota untuk menguras cadangan dana mereka guna mencegah krisis keuangan yang mulai mengoyak balai-balai kota di negara itu.

Simon Hoare, menteri untuk pemerintah daerah, mendesak pemerintah daerah (pemda) menggunakan uang tunai yang mereka sisihkan untuk keadaan darurat guna menutupi layanan sehari-hari. Ia mencatat bahwa banyak pemda meningkatkan dana cadangan selama pandemi. Namun, seruan tersebut dijuluki "konyol" oleh oposisi Partai Buruh dan ditanggapi dengan skeptis oleh dewan kota.

Pernyataan tersebut menunjukkan ada upaya dari para menteri mencegah gelombang kebangkrutan menjelang pemilihan umum yang diperkirakan akan diadakan akhir tahun ini. Tekanan pada anggaran balai kota dapat menjadi masalah politik bagi Perdana Menteri Rishi Sunak setelah masalah yang melanda Birmingham--otoritas lokal terbesar di Eropa--dan otoritas besar lainnya seperti Nottingham dan Woking.

Ketergantungan daerah terhadap pendanaan pusat di Inggris. (Dok: Bloomberg)

"Cadangan tidak untuk dijaga seperti halnya api perawan yang tidak pernah disentuh," ujar Hoare dalam konferensi Asosiasi Pemerintah Daerah mengenai keuangan dewan. "Dana tersebut harus digunakan dengan hati-hati dan bijaksana demi kepentingan masyarakat."