Logo Bloomberg Technoz

Beijing Tutup Ruang Kompromi Jelang Pemilu Taiwan

News
10 January 2024 07:30

Bendera Taiwan. (Dok: Bloomberg)
Bendera Taiwan. (Dok: Bloomberg)

Jacob Gu - Bloomberg News

Bloomberg, China tidak memiliki ruang untuk berkompromi dengan mereka yang mendukung "kemerdekaan Taiwan", utusan utama Beijing di Washington mengatakan menjelang pemilihan presiden pada Rabu (10/1) di pulau itu.

"Tidak ada yang lebih dihargai daripada perdamaian dan stabilitas China di Selat Taiwan. Namun, separatisme untuk 'kemerdekaan Taiwan' tidak sesuai dengan perdamaian Selat seperti api dengan air," kata Duta Besar Xie Feng dalam pidato virtual di sebuah acara di Carter Center di Atlanta pada Selasa. "Pemerintah China tidak memiliki ruang untuk berkompromi" dengan para separatis, katanya.

Wakil Presiden Taiwan Lai Ching-te, dari Partai Progresif Demokratik, mencalonkan diri melawan saingan utama oposisi, Hou Yu-ih dari Kuomintang, bersama dengan Ko Wen-je dari Partai Rakyat Taiwan pada Pemilu 13 Januari.

Lai sebelumnya menggambarkan dirinya sebagai "pekerja pragmatis untuk kemerdekaan Taiwan," dalam komentar yang membuat Beijing marah. Dalam kampanye, ia telah berusaha keras untuk menampilkan dirinya sebagai kandidat yang berkelanjutan, tanpa rencana untuk mengganggu hubungan dengan Beijing.