Logo Bloomberg Technoz

Bahas Debat, Kemenkeu Akui Potong Anggaran Kemhan Saat Covid-19

Pramesti Regita Cindy
08 January 2024 20:50

Yustinus Prastowo, Komisaris PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (Dok yustinusprastowo.id)
Yustinus Prastowo, Komisaris PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (Dok yustinusprastowo.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Staf Khusus Menteri Keuangan, Yustinus Prastowo membenarkan lembaganya memangkas sejumlah anggaran pada kementerian dan lembaga negara pada saat penanganan pandemi Covid-19. Hal ini disampaikan termasuk untuk merespon materi debat ketiga Pemilu 2024.

Dalam debat tersebut, capres 03 Ganjar Pranowo mencecar capres 02 Prabowo Subianto soal turunnya indeks pertahanan Indonesia dalam lima tahun terakhir. Sebagai pembelaan, Prabowo yang juga menjabat Menteri Pertahanan mengatakan hal tersebut disebabkan keputusan Kemenkeu.

"Melalui keputusan Sidang Kabinet dan ditindaklanjuti dengan berbagai koordinasi, refocusing anggaran yang dilakukan pada masa pandemi covid berlaku untuk semua Kementerian dan Lembaga (K/L) melalui penyusunan prioritas ulang belanja oleh K/L, demi menangani dampak pandemi covid-19," kata Yustinus pada akun pribadinya di X, Senin (8/1/2024).

Menurut dia, refocusing kegiatan dan anggaran ditetapkan dan diputuskan oleh masing-masing Kementerian dan lembaga negara terhadap kegiatan yang dianggap dapat ditunda. Sehingga keputusan pertama menunda atau membatalkan sebuah program berasal dari tiap kementerian dan lembaga.

Kemudian, kata dia, refocusing dilakukan dengan memblokir anggaran dari kegiatan yang diusulkan ditunda. Kegiatan dan anggaran yang dilakukan blokir dapat dilakukan relaksasi (buka blokir) sesuai prioritas dan kondisi anggaran.