Logo Bloomberg Technoz

PM Bangladesh Sheikh Hasina Perempuan dengan Masa Jabatan Terlama

News
08 January 2024 21:20

Sheikh Hasina. (Sumber: Bloomberg)
Sheikh Hasina. (Sumber: Bloomberg)

Arun Devnath - Bloomberg News

Bloomberg, Perdana Menteri (PM) Bangladesh Sheikh Hasina mempertahankan gelarnya sebagai kepala pemerintahan perempuan dengan masa jabatan terlama di dunia. Partainya memenangkan sebagian besar kursi parlemen dalam pemilu yang diboikot oleh lawan dan pemilih.

Partai Awami League milik Hasina memenangkan 223 dari 299 kursi untuk meraih mayoritas sederhana di parlemen, menurut hasil tidak resmi dari kantor Komisi Pemilihan. Pemilu untuk satu kursi ditunda.

Badan pemilu mencatat tingkat partisipasi sebesar 41,8%, terendah kedua sejak demokrasi kembali ke negara itu pada tahun 1991. Ini merupakan penurunan tajam dari partisipasi 80% dalam pemilu 2018, karena para pemilih mengindahkan kampanye oposisi Partai Nasionalis Bangladesh untuk memboikot pemilu dan menarik perhatian terhadap tindakan keras pemerintahnya menjelang pemilu.

Pemungutan suara ini merupakan puncak dari kampanye selama sebulan yang diwarnai dengan protes di jalanan setiap hari, penahanan peraih Nobel Perdamaian Muhammad Yunus, dan video viral para pemimpin partai pemerintah yang memaksa pemilih untuk memberikan suara atau berisiko kehilangan tunjangan dari pemerintah.