Logo Bloomberg Technoz

Sentilan Anies soal Pembelian Alutsista Prabowo Bermasalah

Pramesti Regita Cindy
08 January 2024 17:40

Layar menampilkan Anies Baswedan, Prabowo Subianto & Ganjar Pranowo di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Layar menampilkan Anies Baswedan, Prabowo Subianto & Ganjar Pranowo di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menyentil kinerja Kementerian Pertahan yang menurutnya bermasalah. Salah satunya perihal pembelian alat utama sistem persenjataan (alutsista) bekas dengan anggaran hingga Rp700 triliun.  

Diketahui bahwa calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto adalah Menteri Pertahanan (Menhan) di Kabinet Presiden Joko Widodo periode 2019-2024. 

"Rp700 triliun anggaran Kementerian Pertahanan tidak bisa mengembalikan itu. Justru digunakan untuk membeli alutsista bekas di saat lebih dari separuh tentara kita tidak memiliki rumah. Sementara menterinya punya lebih dari 340 hektare tanah di negeri ini,” kata Anies dalam debat capres di Istora Senayan, Jakarta, Minggu malam (7/1/2024). 

Anies berpandangan bahwa lebih baik membangun rumah dinas bagi para TNI atau penjaga teritorial Indonesia agar kesejahtaeraan mereka minimal terjamin. 

"Jadi bukan untuk memutuskan belanja alutsista berdasarkan selera dan berdasarkan preferensi masa lalu tapi justru harus mencerminkan kebutuhan," tegas Anies.