Logo Bloomberg Technoz

Cek Fakta Pendidikan Anies yang Disuruh Belajar Ekonomi Lagi

Dovana Hasiana
07 January 2024 20:56

Cek-Fakta-Anies (Bloomberg Technoz/Asfahan)
Cek-Fakta-Anies (Bloomberg Technoz/Asfahan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Capres Nomor urut 02, Prabowo Subianto mengkritik pendapat Capres nomor urut 01, Anies Baswedan soal angka ideal utang terhadap produk domestik bruto (PDB). Dia menilai, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut lebih baik belajar tentang ekonomi.

Dalam debat, Anies mengatakan, idealnya utang negara hanya berkisar 30% dari PDB. Akan tetapi, menurut Prabowo, negara-negara yang memiliki kekayaan alam tinggi justru memiliki ratio utang hingga lebih dari 40%; seperti Arab Saudi dan Rusia. 

"Saya kita pak Anies perlu belajar ekonomi lagi," kata Prabowo dalam debat ketiga, Minggu (7/1/2024).

Anies memulai fase pendidikannya dengan belajar dan bermain pada usia 5 tahun di TK Masjid Syuhada. Dia kemudian menjalani pendidikan selama enam tahun di SD Laboratori Yogyakarta.

Usai itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut menjalani pendidikan di SMPN 5 Yogyakarta. Dia pun mulai mengasah jiwa organisasinya dengan bergabung dengan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Dia juga mulai mengembangkan kemampuan public speaking karena tercatat sebagai pengurus bidang Humas.